Kejati Jambi Tekankan Kedisplinan Siswa di Upacara Hardiknas 2024, Lexy: Waktu Tak Bisa Dibeli

oleh -45 Dilihat
oleh

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap 2 Mei. Tahun ini, Hari Pendidikan Nasional jatuh pada Kamis (2/5/2024). Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Kejaksaan Tinggi Jambi berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi melaksanakan Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Jaksa Masuk Sekolah kali ini menggelar upacara peringatan Hardiknas di SMA Negeri 5 Kota Jambi.
Yang menjadi inspektur upacara yakni Kasi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jambi Lexy Fatharany. Dalam amanat Upacara Plt. Kajati Jambi Enen Saribanon yang dibacakan oleh Jaksa Lexy mengatakan satu diantara karakter dalam hidup ini baik untuk anak-anak, pelajar, dewasa adalah kedisiplinan. Disiplin itu artinya menaati dan mematuhi tata tertib.
“Jika disekolah maka disiplin dapat diwujudkan, sesuai dengan aturan disekolah dan bisa dikontrol tenaga pengajar,”

“Hal ini tidak berbeda jauh dengan disiplin di rumah atau di luar sekolah dapat diwujudkan dengan membantu orang tua, rajin ibadah dan disiplin belajar,” kata Lexy di podium upacara SMA N 5 Kota Jambi.

Ia mengingatkan siswa-siswi di Jambi bahwa hal termahal yang tidak bisa dibeli apapun adalah waktu. Lexy mengimbau untuk manfaatkan usia saat ini untuk belajar karena kelak adik-adik akan tumbuh untuk mewujudkan cita-citanya. “Dan ingatlah disiplin dan menghargai waktu adalah bekal hidup yang bermanfaat karena setelah lulus sekolah, akan kuliah, saat kuliah akan mandiri dalam belajar dan menentukan waktu sendiri,”
“Percayalah di mana pun berada apabila kalian meninggalkan disiplin maka akan kalian terjerumus dalam kebodohan dan kemalasan,” ucapnya.

Sedikitnya kata Lexy kurang lebih ada 700 sekolah dari tingkatan SMA, SMK dan Pondok Pesantren yang sudah disambangi melalui program JMS hingga tahun 2023 kemarin.
“Tujuannya memang untuk mencegah adanya tindak pidana kejahatan. Kita ketahui banyak sekali penyimpangan-penyimpangan yang membuat kita miris seperti pembullyan, kekerasan dan tindak kejahatan lainnya. Ini kita cegah. Supaya karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa menjadi lebih berintergritas dan pantang menyerah sehingga bisa membawa Indonesia Maju,” katanya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Harmadeli mengatakan kegiatan kolaborasi antara Dinas Pendidikan dan Kejati Jambi ini sangat baik sekali. “Disiplin itu harus ditanamkan kepada anak-anak, dengan adanya JMS ini memberi motivasi juga kepada anak-anak manakala berniat ingin menjadi Jaksa,”
“Saya berharap kegiatan ini tidak sampai di sini, tapi terus berlanjut di hari-hari nasional lainnya,” katanya.

Di sisi lain, Kepsek SMAN 5 Kota Jambi, Muhammad Salim menyambut baik digelarnya upacara Hardiknas dengan kolaborasi bersama Kejati Jambi. “Diharapkan kepada para siswa lebih menyadari pentingnya disiplin baik dalam belajar, disiplin dalam berkendara dan disiplin dalam keseharian. Sehingga dengan disiplin yang ditanamkan berbagai program ke depan anak-anak bisa lebih terarah dalam meniti masa depanya,” kata Salim.

No More Posts Available.

No more pages to load.