Breaking News.! Tahanan Titipan Jaksa Meninggal Diduga Berkelahi di Sel Lapas Jambi, Begini Kronologisnya..

oleh -951 Dilihat
oleh

Seorang tahanan blok tower Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Kota Jambi, Provinsi Jambi, meninggal dunia.

Tahanan titipan jaksa itu meninggal setelah terlibat perkelahian dengan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Klas IIA Jambi.

Tahanan titipan jaksa atas nama Agus Danil itu, ditemukan di blok tower (blok khusus tahanan baru) dalam kondisi muka lebam diduga bekas pukulan.

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Jambi Fajar Ronal, membenarkan adanya tahanan jaksa meninggal atas nama Agus Danil bin Ilyas.

“Agus Danil merupakan tahanan titipan jaksa kasus pencurian,” ujar Fajar Ronal.

Dia manambahkan tersangka Agus Danil baru saja dilimpahkan tahap dua dari penyidik Polsek Pasar ke Jaksa.

“Tahap duanya pada Rabu tanggal 30 Agustus 2023,” tandasnya.

Berikut Kronologis Kejadian diterma Metrojambi.com :

1. Pada hari Jum’at, 01 September 2023, pada pukul 13:15 WIB, Regu Jaga Siang Yakni REGU III sebanyak 3 org melakukan Apel Pengecekan Penghuni di Blok Tower (Blok Khusus Tahanan Baru). Sebanyak 57 org WBP lengkap, situasi blok aman kondusif.

2. Pada Pukul 16.50 WIB dilakukan penguncian kamar Blok Hunian termasuk Blok Tower oleh Petugas KPLP, kemudian pada saat penguncian itu ditemukan oleh petugas bahwa 1 orang WBP an. AGUS DANIL tergeletak di kamar Blok Tower tersebut, dengan kondisi muka lebam.

3. Kemudian jehadian itu dilaporkan ke Komandan Jaga Regu sekaligus WBP tersebut dibawa ke Klinik Lapas pada pukul 16.55 WIB dan Komandan Jaga Melaporkan kembali ke Kepala KPLP dan Dokter Lapas untuk penanganan lebih lanjut di Klinik Lapas. Selanjutnya Dokter Lapas memeriksa kondisi WBP tersebut yang sudah kritis sehingga langsung di rujuk ke RSUD Rd. Mattaher.

4. Sewaktu Dokter Lapas memeriksa WBP tersbut, Kapala KPLP melaporkan kejadian kepada PLT. Kalapas dan segera memerintahkan untuk WBP tersebut dibawa ke RSUD Rd. Mattaher sesuai rekomendasi dokter Lapas dengan pengawalan petugas regu jaga.

5. Setiba di UGD RSUD Rd. Mattaher Jambi dan dilakukan penanganan medis, kondisi WBP tersebut melemah dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 17.58 WIB di RSUD Rd. Mattaher Jambi.

6. PLT. kalapas segera memerintahkan Ka.KPLP untuk melakukan pemeriksaan, penggeledahan dan interogasi smua WBP di Blok hunian Tower atas kejadian tersebut karena tidak ada yang melaporkan kejadian tersebut kepada petugas.

7. Kemudian hasil pemeriksaan dan penggeledahan Blok tower tersebut hanya ditemukan beberapa potongan kayu dan papan bekas tempat tidur,dan diduga tidak menjadi alat pemukulan karena pengakuan keterangan dari Wbp lain di Blok Tower perkelahian yang terjadi dengan tangan kosong.

8. Hasil dari interogasi terhadap WBP lainnya dimana satu perkara dari WBP yang menjadi korban tersbut bahwa WBP an. Agus Dasril sewaktu penahanan di Polsek Pasar sebelum dipindahkan Ke Lapas Jambi sering melakukan pelecehan dan penganiayaan terhadap tahanan lainnya termasuk satu perkaranya tersebut seperti meludahi,menyulut rokok ke tangan dan pelecehan seksual ke tubuh tahanan seperkaranya tersebut.

No More Posts Available.

No more pages to load.