11 Rumah Restorasi Justice di Kota Jambi Segera Diresmikan, Ini Kata Kajari

oleh -603 Dilihat
oleh

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jambi bersama Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Jambi menandatagani Memorandum of Understanding (MoU) Pendirian Rumah Restorative Justice (Rumah RJ), di Aula Kantor Kejari Jambi, Senin 9 Oktober 2023.

Rumah RJ ini berada di 11 Kecamatan di Kota Jambi antara lain, kecamatan Telanaipura, Alam Barajo, Paal Merah, Jambi Selatan, Jambi Timur, Pasar Jambi, Danau Teluk, Kota Baru dan Kecamatan Jelutung.

Penandatanganan MoU ini dipimpin langsung oleh Kejari Jambi M.N. Igratubun, bersama Ketua LAM Kota Jambi Nawawi Ismail dan disaksikan semua Ketua LAM Kecamatan Kota Jambi.

Adapun tujuan MoU tersebut merupakan wujud perhatian dari Kejari dan LAM Kota Jambi dalam menyelesaikan masalah tidak harus melalui hukum namun bisa diselesaikan dengan adat istiadat.

Biasanya di Jambi pelaku dihukum dengan hukuman penjara atau denda, sementara korban sering kali merasa tidak puas dengan hasilnya dan dampak jangka panjang tetap ada.

Prinsip tersebut sejalan dengan penegakan hukum yang ada di LAM yang menyelesaikan masalah dengan perdamaian.

“Restorative Justice juga dapat diterapkan melalui program-program pengadilan alternatif yang mendukung penyelesaian kasus melalui mediasi, perundingan, atau pertemuan dengan pelibatan korban, pelaku, dan masyarakat,” kata Kajari Jambi

M.N. Igratubun.

Lebih lanjut Kata Kajari, hidup didunia berlandaskan adat kebanyakan orang lebih takut akan hukum adat ketimbang hukum negara.

“Dengan adanya kerja sama ini semoga angka krimilitas bisa turun, dengan adanya aturan adat semua masyarakat adat yang ada perkaranya tidak sampai ke pengadilan,” sebutnya.

Sementara itu Ketua LAM Kota Jambi H. Nawawi Ismail mengatakan semoga ini acara ini bermanfaat, dan bisa dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

“Menuju Kota Jambi yang aman dan sejahtera,” sebutnya.

Menurutnya saat ini permasalahan di Jambi didominasi oleh kasus perkelahian antar anak muda dan kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan suami-istri.

“Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat untuk kita semua khususnya warga masyarakat Kota Jambi,” tuturnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.