KEJAKSAAN TINGGI JAMBI
Home » Catatan Pakar Pidana Penegakan Hukum Tahun 2021, Apresiasi Penuntut Hukuman Mati Kasus Korupsi
Berita Berita Utama Kejati Jambi

Catatan Pakar Pidana Penegakan Hukum Tahun 2021, Apresiasi Penuntut Hukuman Mati Kasus Korupsi

Gedung Kejagung RI. (Foto: Antara)

Jakarta – Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad, memberikan catatan dalam hal penegakan hukum selama tahun 2021. Ia mengapreasi penegakan hukum perkara korupsi penuntutan hukuman mati terdakwa kasus Asabri.

Menurutnya ada prestasi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum, namun juga ada yang perlu dievaluasi.

Yang perlu diapresiasi, menurut Suparji adalah penegakan hukum kasus korupsi. Ia menilai, tuntutan hukuman mati terhadap terdakwa kasus Asabri merupakan langkah tepat dan berpihak pada keadilan masyarakat.

“Tuntutan tersebut mencerminkan keadilan masyarakat, karena yang bersangkutan tidak merasa bersalah bahkan berupaya membela diri. Praktek korupsi yang sudah mendarah daging harus disudahi dengan penindakan hukum tegas,” kata Suparji dalam keterangan persnya diterima, Ahad (02/01).

Penindakan terhadap oknum aparat penegak hukum yang menyimpang juga dilakukan. Menurutnya, supremasi hukum tanpa memandang bulu harus digalakkan ke depannya agar penegak hukum benar-benar melayani masyarakat.

Selanjutnya, langkah Satgas BLBI, kata Suparji, yang berupaya menyelesaikan kasus BLBI layak diapresiasi. Namun, Satgas yang kewenangannya sangat besar patut dilakukan pengawasan agar tidak terjadi abuse of power. Kasus BLBI menurut Suparji juga tak hanya diselesaikan melalui perdata, tapi pidana.

“Jika hanya diselesaikan lewat perdata maka sama halnya mengkerdilkan masalah dan melukai nurani hukum. Karena kasus ini sangat kental nuansa pidananya,” tuturnya.

Related posts

Bikin Kredit Fiktif, Karyawan Bank Pemerintah Ini Dapat Rp 13,9 Miliar Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bikin Kredit Fiktif, Karyawan Bank Pemerintah Ini Dapat Rp 13,9 Miliar”.

Admin Kejati Jambi

Cegah Karhutla, Kejari Muaro Jambi Sosialisasikan Tindakan Pencegahan Kebakaran

Admin Kejati Jambi

1 (SATU) ORANG DIPERIKSA SEBAGAI SAKSI TERKAIT DUGAAN TINDAK PIDANA KORUPSI PEMBANGUNAN JALUR TRANSMISI (T/L) 275 KV KILIRANJAO-PAYAKUMBUH SUMATERA BARAT PADA PT PLN (PERSERO) UIP MEDAN TAHUN 2016-2017